Tips Memilih Antivirus Terbaik untuk Ponsel

Tips Memilih Antivirus Terbaik untuk Ponsel Android

Tips Memilih Antivirus Terbaik untuk PonselMemilih antivirus terbaik untuk ponsel Android tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena harus mempertimbangkan banyak aspek. Selain dilihat dari sisi teknis, instalasinya juga sangat diperlukan sebagai perlindungan tambahan dari ancaman.

Android sendiri termasuk salah satu sistem operasi yang umum digunakan selain iOS milik Apple. Hanya saja, ada beberapa kelemahan pada OS besutan Google itu sehingga menjadi alasan kenapa antivirus diperlukan.

Alasan Kenapa Android Wajib Dipasangi Antivirus Terbaik

Beberapa produk antivirus yang tersedia di Google PlayStore rata-rata memberikan jaminan proteksi pada perangkat. Selain mudah dipasang, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat apa saja jika menggunakan aplikasi pelindung tersebut.

  1. Ancaman bisa datang kapan saja

Sistem operasi mobile seperti Android memang tidak pernah lepas dari ancaman perangkat lunak berbahaya seperti malware, trojan, hingga spyware. Kelemahan tersebut akan semakin rentan manakala pengguna tidak melakukan pembaruan OS.

Seiring dengan semakin canggihnya sebuah teknologi, ancaman yang ada justru akan lebih masif dan disebarkan dengan beragam metode. Sasarannya adalah pengguna awam hingga memanfaatkan kelengahan pengguna saat menggunakan perangkat miliknya.

  1. Android rentan terpapar kode berbahaya seperti Malware

Salah satu ciri antivirus terbaik adalah kemampuannya dalam mengeliminasi ancaman sekaligus melindungi keamanan perangkat. Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, tentu pengguna akan dirugikan karena data-data penting miliknya rentan dicuri.

Seperti Android, sistem operasi mobile tersebut dianggap paling rentan terserang kode berbahaya seperti malware dan sejenisnya jika digunakan sembarangan. Ancaman bisa saja terjadi karena kelalaian pengguna hingga kerusakan perangkat lunak.

  1. Menjadi pengaman tambahan pada perangkat

Salah satu manfaat penting dari sistem proteksi yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut adalah soal keamanan. Pemasangannya pada perangkat Android bisa menjadi perlindungan tambahan dari serangan berbahaya ketika berselancar di internet.

See also  Kekurangan iPhone Bekas Meski Punya Harga Miring

Android sendiri sejatinya telah dibekali beberapa fitur keamanan bawaan secara default oleh Google untuk melindungi penggunanya. Namun, alangkah baiknya jika perangkat tersebut dipasang aplikasi pelindung pihak ketiga sebagai proteksi tambahan.

  1. Disediakan secara gratis dengan fitur mumpuni

Beberapa antivirus terbaik biasanya tersedia secara gratis dengan fitur-fitur dasar yang ampuh untuk mengamankan ponsel. Meski ada beberapa perlindungan tambahan berbayar, hal tersebut setidaknya telah memberikan proteksi dari ancaman siber.

Tentu akan sangat disayangkan jika kesempatan gratis tersebut dilewatkan begitu saja. Meski demikian, setidaknya ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh pengguna saat akan memilih aplikasi sebagai proteksi tambahan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Penggunaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan antara fitur yang ditawarkan dari sebuah produk antivirus dengan kebutuhan pengguna. Salah satunya jika secara default mampu memenuhi syarat sebagai pelindung terhadap ponsel.

Namun jika fitur dasar tersebut dirasakan masih kurang ampuh, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli proteksi berbayar sebagai pelengkapnya. Usahakan agar aplikasi tersebut kompatibel dengan versi sistem operasi dan kondisi perangkat.

Cek Kompatibilitasnya dengan Versi Android pada Ponsel

Antivirus terbaik dikenal dengan kompatibilitasnya dalam menyesuaikan kinerja pada perangkat yang menjalankan sistem operasi Android. Pertimbangan semacam ini bisa Anda pilih sebelum memutuskan untuk memasang aplikasi perlindungan tersebut pada ponsel.

Cara pengecekannya juga sangat mudah. Anda tinggal login menggunakan akun Google ke PlayStore, pilih aplikasi, kemudian pilih Pengelolaan rilis dan pilih Katalog perangkat. Di sana akan tertera informasi yang dibutuhkan.

Perhatikan Fitur-fitur Perlindungan yang Ditawarkan

Tips selanjutnya adalah melihat fitur-fitur perlindungan dasar secara lebih mendalam. Jika sebelumnya menggunakan acuan yang disesuaikan dengan kebutuhan, kali ini adalah membandingkan teknologi dari aplikasi tersebut dengan produk keamanan lainnya.

See also  Daftar Aplikasi Browser Terbaik untuk Ponsel Android

Parameternya bisa diukur dengan cara melihat tingkat keampuhan aplikasi dalam mengatasi ancaman, kemampuan melakukan mitigasi ketika terjadi serangan, kemudahan dalam hal penggunaan, hingga faktor ukuran ketika dipasang, hingga biaya tambahan.

Lihat Review pada Produk Antivirus

Salah satu cara termudah ketika akan memilih sebuah aplikasi pengaman untuk melindungi ponsel Android, bisa dilakukan dengan melihat review produk tersebut dari sesama pengguna. Acuannya adalah respon positif yang diberikan.

Semakin banyak respon positif pada aplikasi tersebut, tentu bisa menjadi pertimbangan terbaik meski hal demikian tidak menjamin keampuhannya secara keseluruhan. Jika masih merasa ragu-ragu, Anda bisa meminta saran pada ahlinya.

Aplikasi keamanan tambahan memang menjadi salah satu pilihan untuk melindungi ponsel dari ancaman siber seperti malware, trojan, hingga virus. Oleh sebab itu, memilih antivirus terbaik pada sistem Android sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.