Kekurangan iPhone Bekas Meski Punya Harga Miring

Kekurangan iPhone bekas mungkin jarang terlihat oleh pembeli yang awam karena perangkat tersebut biasanya dikemas seperti baru. Meski demikian, hal itu sering diabaikan karena daya tarik produk tersebut sangatlah kuat.

Bagi mereka yang ingin bergaya namun memiliki dana terbatas, memilih iPhone second adalah pilihan paling tepat daripada harus membeli unit baru. Alasan untuk memiliki perangkat mewah tersebut juga sangat beragam.

Alasan Mengabaikan Kekurangan iPhone Bekas dan Tetap Beli

iPhone yang ditawarkan dengan harga murah memang sangat menggiurkan siapa saja. Khususnya bagi mereka dengan dana terbatas. Meski dianggap memiliki banyak kekurangan, hal tersebut ternyata tidak mengurangi minat untuk memiliki.

  1. Ingin bergaya dan terlihat mewah

Salah satu alasan utama ingin memiliki iPhone biasanya berawal dari soal gengsi, dan ingin tampak terlihat mewah di mata banyak orang. Sementara itu, kebutuhan dari segi fungsi menjadi nomor dua.

Bagi pengguna awam, mereka yang tidak teliti ketika membeli unit second sangat rawan tertipu karena iPhone aba-abal sangat banyak dijual di pasaran. Inilah salah satu risiko yang seringkali jarang disadari.

  1. Penasaran ingin mencoba sistem operasi selain Android

Kekurangan iPhone bekas seringkali tidak menyurutkan minat bagi mereka yang ingin memiliki perangkat seluler buatan Apple tersebut. Salah satu alasan selain gengsi adalah rasa penasaran ingin mencoba sistem operasi iOS.

Bagi pengguna Android, keinginan untuk menggunakan sistem operasi iOS pada produk-produk Apple merupakan sebuah keinginan tersendiri. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut biasanya dengan cara membeli unit bekas pakai.

  1. Kebutuhan untuk mendukung profesi tertentu

Bagi sebagian kalangan tertentu, membeli iPhone bekas tidak melulu karena dikejar rasa gengsi dan penasaran semata. Lebih dari itu, penggunaan perangkat Apple itu justru karena tuntutan profesi untuk mendukung aktivitasnya.

Salah satu pihak yang mungkin berada pada kategori ini adalah seorang programmer atau mobile developer yang tugasnya membangun aplikasi untuk sistem operasi iOS. Perangkat biasanya digunakan untuk keperluan seperti testing.

  1. Dianggap memiliki performa lebih baik dibanding Android

Kekurangan iPhone bekas mungkin tidak pernah disadari oleh pengguna Android karena adanya anggapan, bahwa perangkat tersebut memiliki performa yang lebih baik. Alasan inilah yang seringkali mendorong mereka untuk tetap membeli.

Meski demikian, ada baiknya jika tetap berhati-hati pada unit iPhone bekas pakai tersebut karena ada beberapa kekurangan yang seringkali tidak disadari. Salah satunya adalah soal keaslian produk hingga soal performa.

Risiko Komponen Elektronik Orisinal Mengalami Pergantian

Salah satu risiko yang mungkin jarang disadari oleh pembeli adalah kondisi komponen orisinal di dalam perangkat seluler tersebut. Beberapa di antaranya rawan diganti dengan produk lain dan tidak sesuai standar.

Untuk mengetahui informasi tentang perangkat, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama 3uTools. Tinggal download dan kemudian jalankan di perangkat PC. Kemudian sambungkan iPhone melalui kabel USB hingga data tercantum di layar.

Unit Rawan Diselewengkan Menjadi iPhone Palsu

Salah satu kekurangan iPhone bekas yang paling fatal adalah unit tersebut ternyata abal-abal alias palsu. Dari segi fisik dan tampilan, perangkat tersebut terlihat sangat mirip sehingga rentan menipu konsumen awam.

Untuk mengetahui asli atau tidak, salah satu caranya adalah dengan memeriksa aplikasi AppStore. Perangkat orisinal biasanya akan tersambung langsung dengan platform milik Apple tersebut. Jika tidak, berarti unit tersebut palsu.

Tidak Ada Garansi Resmi dari Pihak Apple

Kekurangan berikutnya adalah ketiadaan garansi resmi yang dikeluarkan oleh pihak Apple. Jika unit bekas mengalami kerusakan, hal tersebut tentu akan sangat menguras biaya karena perbaikan akan dilakukan oleh pihak ketiga.

Biaya perbaikan tentu akan jauh lebuh murah jika unit masih memiliki garansi untuk beberapa bulan ke depan. Jika hendak membeli unit bekas, ada baiknya memilih iPhone yang masih memberikan garansi.

Tidak Awet dan Rentan Mengalami Kerusakan

Salah satu kekurangan dari iPhone bekas biasanya terlihat ketika pemakaian berjalan dalam beberapa bulan hingga hitungan tahun. Karena merupakan unit bekas pakai, perangkat sangat rentan mengalami kerusakan fisik maupun non-fisik.

Jenis kerusakan pun bermacam-macam. Mulai dari performa yang mulai melambat, aplikasi sering crash ketika digunakan, hingga baterai cepat panas. Dari sisi fisik, warna pada unit terlihat memudar atau mengalami lecet.

Sebelum membeli perangkat besutan Apple tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu risiko dan kekurangan iPhone bekas jika masih nekat membeli. Pastikan semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.